Sekilas info

Membangun Mahakam Ulu Untuk Semua Sejahtera Berkeadilan.

BAPPELITBANGDA Bersama Universitas Surabaya (UNESA) melakukan Focus Group Discussion (FGD) serta Presentasi Laporan Kajian Potensi Inovasi dan Rencana Aksi peningkatan UMKM

Tanggal: 2023-12-05 00:00:00

Selasa, 5 Desember 2023 Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Mahakam Ulu, Gerry Gregorius, SE., M.Si., Ak., CA membuka kegiatan Presentasi Laporan Akhir Kajian Potensi Inovasi Daerah Kab. Mahakam Ulu dan Rencana Aksi Daerah Peningkatan Daya Saing UMKM hasil kerjasama dengan Universitas Surabaya (UNESA) yang dilaksanakan di Samarinda.

 

Dari UNESA yang hadir dalam pertemuan kali ini diantaranya, Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM dari Fakultas Ekonomi Bisnis, Hafid Kholidi Hadi, S.E., S.SM dari Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Desa, Refti Handini Listyani, S.Sos., M.Si dari Fakultas Ilmu Sosial Hukum, Achmad Kautsar, SE., M.M dari Badan Pengelola Usaha UNESA beserta rekan – rekan lainnya. Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu yang hadir diantaranya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kresensius Charles, S.Pd., M.A.P, Kepala Bagian Hukum, Arsenius Luhan, SE., M.Hum, Inspektur Inspektorat Kabupaten Mahakam Ulu yang diwakili oleh, Ir. Yebrani Megasa, SST., IPM beserta Margaretha Sri Hartuti, S.Pd., M.A.P, Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa yang diwakili Triwiraswati Harti Utami, S.IP, Sekretaris BAPPELITBANGDA Franciskus Hului, SE., M.Si yang didampingi oleh Kasubbid Penelitian dan Kerjasama Pembangunan Marina Hakim, SE., dan Perencana Ahli Muda Leonardo Dakori Karun, S.Hut., M.Si serta beberapa staf fungsional dan pelaksana pada lingkup BAPPELITBANGDA Kabupaten Mahakam Ulu.

 

Pada presentasi tentang kajian potensi inovasi daerah kabupaten Mahakam ulu yang disampaikan oleh Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM, memiliki maksud dan tujuan untuk memperkuat komunikasi, koordinasi dan integrasi antara Pemerintah Daerah, Swasta, Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam menemukan inovasi – inovasi yang dapat mendukung Pembangunan di daerah agar dapat terwujudnya Optimalisasi penerapan aspek – aspek pendukung daya saing daerah serta dapat mengoptimalkan penerapan inovasi daerah dalam pembangunan. Dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala yang dihadapi baik secara internal maupun eksternal, dari internal dijelaskan bahwa adanya keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami arti strategis sebuah inovasi, budaya organisasi yang masih mengedepankan prinsip – prinsip kerja paternalistic, masih kurangnya komunikasi dan koordinasi sesame stakeholder, belum dilakukannya bimbingan teknis inovasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dan masih terbatasnya anggaran inovasi. Selain itu dari faktor eksternal adalah, masih kurangnya partisipasi Masyarakat dalam pengembangan dan penerapan inovasi, masih terbatasnya pengetahuan Masyarakat terhadap inovasi, keterbatasan sarana komunikasi.

 

Dengan beberapa kendala baik fator internal maupun eksternal dalam melakukan inovasi – inovasi di Kabupaten Mahakam Ulu tersebut dapat ditarik beberapa rekomendasi dalam pelaksanaan yang efektif untuk dapat meningkatnya potensi inovasi daerah diantaranya, meningkatkan kapasitas SDM, meningkatkan Budaya Organisasi yang koordinatif, sinergis dan mampu berinisiatif positif, meningkatkan komunikasi dan koordinasi sesama stakeholder, melaksanakan bimbingan teknis inovasi, meningkatkan anggaran dalam pencapaian inovasi – inovasi daerah, meningkatkan partisipasi sektor swasta dan Masyarakat, membangun sistem inovasi daerah (SIDa) dan melakukan transformasi budaya kerja serta mindset.

 

Selanjutnya presentasi tentang Rencana Aksi Daerah Peningkatan Daya Saing UMKM yang disampaikan oleh Achmad Kautsar, S.E., M.M, memiliki maksud dan tujuan sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Mahakam Ulu melalui peningkatan daya saing UMKM dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi, sehingga dapat mewujudkan beberapa hal yaitu, dapat mengukur daya saing UMKM di Kabupaten Mahakam Ulu, identifikasi nilai tambah, dapat merumuskan sasaran, strategi, dan fokus kegiatan peningkatan daya saing UMKM Kabupaten Mahakam Ulu. hasil analisis dari tim UNESA pada UMKM yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu saat ini masih menggunakan konsep lama yang dapat diartikan bahwa UMKM masih mencari sendiri bahan baku ke distributor yang posisinya masih terbilang cukup jauh sehingga menyebabkan tingginya cost yang di keluarkan oleh pelaku UMKM di Kabupaten Mahakam Ulu, sehingga keuntungan yang di dapat UMKM hanya dalam proses jasa.

 

Dari hasil analisis tersebut, maka ada konsep yang dapat dikembangkan oleh UMKM  dalam proses pelaksanaannya, salah satunya adalah dengan melakukan perubahan dari cara pembelian bahan baku yang awalnya mencari sendiri ke distributor bahan baku yang berada jauh dari Kabupaten Mahakam Ulu di rubah dengan mencari bahan baku di daerah lokal. Selain itu dalah tahapan penjualan ke konsumen dapat dikembangkan oleh UMKM dengan cara pemasaran online (Digital Marketing).

 

Arsenius Luhan, SE., M.Hum memberikan tanggapan terkait rencana aksi peningkatan daya saing UMKM, dengan memberikan persoalan tentang produk lokal berupa biji kakao yang di kumpulkan dari petani di Kabupaten Mahakam Ulu yang secara mentah di kirimkan ke Sulawesi, sehingga menjadi produk jadi hasil dari Sulawesi. Sehingga diperlukannya pelatihan - pelatihan kepada petani di Kabupaten Mahakam Ulu agar dapat merubah mindset serta mendorong petani agar dapat menciptakan sebuah produk lokal yang berbahan dasar dari biji kakao lokal kemudian menjadi barang siap digunakan berupa coklat batang, bubuk coklat maupun menjadi kosmetik dan lain – lain.

 

Franciskus Hului, SE., M.Si juga menambahkan bahwa terkait kualitas biji kakao yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu mampu bersaing secara kualitas dengan daerah lain yang juga penghasil biji kakao, bahkan kakao Kabupaten Mahakam Ulu pernah mendapatkan predikat nomor 1 untuk tingkat nasional. Namun kesulitan yang di alami oleh petani terkait dengan pemasaran serta pengolahan yang sesuai dengan standar keperluan atau kebutuhan kualitas nasional maupun kualitas ekspor.

 

Dengan adanya informasi yang telah di sampaikan oleh UNESA, diharapkan hasilnya dapat berdampak sangat signifikan bagi perkembangan sektor ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu. Kedepannya di harapkan pula beberapa target capaian yang terdapat pada indikator – indikator perkembangan Kabupaten Mahakam Ulu dapat terpenuhi dengan baik.

Pengunjung

164,223

Klik

109,243

Hari Ini

298