Sekilas info

Membangun Mahakam Ulu Untuk Semua Sejahtera Berkeadilan.

Penerapan Aplikasi e-SAKIP Merupakan Upaya Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Transparan, Akuntable, Efisien dan Berkualitas.

Tanggal: 2023-12-07 00:00:00

Rabu, 6 Desember 2023 Dilaksanakan kegiatan pendampingan penerapan aplikasi e-sakip terintegrasi Kabupaten Mahakam ulu di Samarinda yang dibuka oleh Bupati dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Gerry Gregorius, SE., M.Si., Ak., CA. Dalam sambutan Bupati Kabupaten Mahakam Ulu menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan kegiatan yang sangat penting yang kemudian akan berdampak kepada kemudahan bagi Perangkat Daerah dalam penyusunan laporan kinerja baik triwulan, semesteran maupun tahunan. Dengan konsistensi Perangkat Daerah dalam menjalankan penerapan e-SAKIP tentu akan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntable, efisien dan berkualitas di Kabupaten Mahakam Ulu.

 

Aplikasi e-SAKIP merupakan sistem yang dirancang untuk memantau, mengevaluasi, dan melaporkan kinerja instansi pemerintah secara online. Dengan menggunakan teknologi informasi, diharapkan proses pelaporan kinerja dapat dilakukan dengan lebih cepat, akurat, dan mudah diakses oleh pihak terkait.

 

Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh berbagai Instansi Pemerintah dalam lingkup Kabupaten Mahakam Ulu sebagai bagian dari reformasi birokrasi dengan bertransformasi budaya kerja dari manual ke digital. Adapun rangkaian kegiatan pendampingan mencakup pelatihan, workshop, dan sesi tanya jawab yang difasilitasi oleh para ahli dari Smart ID. Peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang fungsi - fungsi aplikasi e-SAKIP, mulai dari penginputan data hingga output analisis kinerja.

 

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi forum untuk bertukar pengalaman antar Perangkat Daerah dalam mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama proses penerapan e-SAKIP. Kerjasama yang terjalin saat ini diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan implementasi aplikasi di Kabupaten Mahakam Ulu.

 

Kegiatan pendampingan penerapan aplikasi e-SAKIP ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif dalam mendorong penerapan teknologi informasi di sektor pemerintahan. Dengan kinerja yang terukur dan terbuka, diharapkan pelayanan publik dapat semakin meningkat dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

 

Rencana kegiatan pendampingan penerapan aplikasi e-SAKIP terintegrasi ini akan dilaksanakan selama 2 hari, dengan waktu yang sangat singkat ini diharapkan Perangkat Daerah yang hadir pada pertemuan kali ini dapat memberikan progress yang maksimal dalam proses penginputan yang telah dilaksanakan. Dan setelah pertemuan ini agar seluruh Perangkat Daerah tetap bisa komitmen serta konsisten untuk menjalankan aplikasi e-SAKIP kedepannya. 

Pengunjung

164,223

Klik

109,242

Hari Ini

297